All about modification mothai style & Concept detailing modified thailook

MENGENAL DAN MEMILIH JENIS VELG MOTOR

MEMILIH JENIS VELG MOTOR

Velg merupakan spare part motor yang cukup vital, selain itu velg juga merupakan salah satu asesoris yang bisa membuat sepeda motor anda terlihat semakin gagah dan menarik. Akan tetapi, sebelum anda memutuskan untuk membeli velg sepeda motor ada baiknya untuk terlebih dulu mengenali tipe dan jenis velg tersebut.
Dari jenisnya velg motor terbagi menjadi 2, yaitu :
1. Spoke Wheel (SW).
Velg yang berbentuk jari-jari. Tipe ini paling banyak dikembangkan oleh pabrikan sepeda motor, dimana hubungan velg dengan garpu disatukan oleh kawat-kawat logam yang membentuk pola tertentu.
2. Casting Wheel (CW).
Biasa disebut velg racing, terbuat dari aluminium alloy yang dibentuk melalui proses casting (molding/dicor). Dimana velg dan pendukungnya dibuat sebagai satu kesatuan unit yang biasanya terbuat dari campuran alumunium, karbon dan logam lain (cetak).
Dari bahan serta proses pembuatannya kedua jenis velg tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk Spoke Wheel (velg jari-jari) memiliki kelebihan dari sisi harga yang relatif lebih murah, selain itu jenis velg ini masih bisa diperbaiki dengan cara menyetel kembali jari-jari tersebut. Akan tetapi, velg jenis ini tidak dapat mengunakan ban tubeless, karena jari-jari akan membocorkan udara ban ke luar.
Sedangkan kelebihan dari Casting Wheel (velg racing) adalah lebih ringan, akurat dan efisien. Hal itu disebabkan dari bahan bahan yang digunakannya serta proses pembuatannya dengan sistem cetak. Selain itu, velg racing juga tampak lebih gagah dan sangat baik untuk ban tubeless, karena posisi duduk ban pada velg lebih sempurna. Akan tetapi harga velg ini relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan velg jari-jari.
Selain itu, sebelum ada memilih sebuah velg yang akan digunakan di sepeda motor anda ada baiknya jika anda memilih sesuai dengan kebutuhan serta penggunaan sepeda motor anda sehari-hari. Hal lainnya adalah dengan memilih velg yang sudah berlabel minimal SNI (Standar Nasional Indonesia), sebab saat ini di pasaran banyak beredar velg-velg yang tidak sesuai antara jenis, bahan dan proses pembuatannya serta tidak aman untuk anda gunakan.

Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat bagi kita semua
Salam #thailookers

0 Response to "MENGENAL DAN MEMILIH JENIS VELG MOTOR"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak & sesuai topik pembahasan...